1 Komentar

Desain Grafis dan Dunia Periklanan

Erat sekali hubungan antara Desain Grafis dan Dunia Periklanan. Walaupun Desain Grafis memiliki arah yang lebih luas, namun dari iklanlah para seniman grafis memperoleh penghargaan yang paling tinggi (setidaknya secara material). Dunia periklananlah yang membelanjakan nilai uang yang paling banyak sepanjang tahun dimana sebagian dana itu adalah untuk memberi imbalan pada karya-karya seniman grafis periklanan[1]. Dibanding seniman grafis yang menjadi pekerja tetap dimedia masa, penerbitan, sebagai illustrator, lebih-lebih pekerja grafis yang terlibat dalam dunia industri manufaktur, mereka yang eksis dibidang periklanan memiliki kemungkinan memperoleh imbalan yang lebih bagus. Oleh karenanya tidak mudah bisa bertahan sebagai seniman iklan, karena lebih dituntut kreatifitas yang selalu orisinil dan segar.

 Semua iklan visual itu menggunakan desain grafis. Untuk itu penulis ingin mengajak pembaca untuk memahami bagaimana dengan grafis kita mengomunikasikan pesan-pesan melalui makna dibalik gambar yang kita buat.

 Iklan atau dalam bahasa Inggris  Advertising, adalah suatu bentuk komunikasi massa komersial yang dirancang untuk mempromosikan pemasaran suatu produk atau jasa, atau pesan dari suatu lembaga, organisasi atau bisa juga pesan dari seorang kandidat dalam suatu kampanye politik. Secara lebih luas, iklan bertujuan menyampaikan informasi /pesan /maksud /menyamakan atau mem­berikan pandangan.

 Melalui buku ini penulis mengajak Anda untuk fokus pada pengenalan berbagai bentuk layout iklan yang populer. Dari sini diharapkan pembaca bisa berlatih dan memanfaatkan kreativitasnya untuk mencipta desain-desain iklan setidaknya sebagai portfolio Anda.


[1] Menurut data Outsell.Inc budget periklanan dan marketing seluruh Amerika Serikat pada tahun 2008 sebesar  US$ 412.400.000.000 alias 412 milyar dollar Amerika yang setara dengan Rp. 3.711.600.000.000.000,-  (Tiga ribu tujuh ratus sebelas Trilliun Rupiah), sementara menurut Zenithoptimedia.com pada tahun 2009 jumlah itu meningkat jadi US$ 495,145 milyard . Jumlah itu baru di Amerika saja. Sementara accounting firm PricewaterhouseCoopers menyebutkan, tahun 2010, belanja iklan seluruh dunia akan mencapai lebih dari setengah triliun dolar Amerika Serikat..

Selengkapnya bacalah “Menyusun Layout Iklan dengan CorelDRAW” – Adi Kusrianto – Elex media Komputindo 2010.

One comment on “Desain Grafis dan Dunia Periklanan

  1. Lagu cinta terbaik di 2010 klik di sini http://www.4shared.com/audio/L_UJ3qWi/ELVASA_-_HANYA_MIMPI__LAGUBAGU.htm thanks buat pemilik blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: