2 Komentar

Dahsyatnya Microsoft Word 2010

Dari kebiasaan berkomputer dewasa ini, sebagian besar pengguna Microsoft Word sudah tidak lagi sekedar mengetik dan mencetak melalui printer desktop sebagaimana tradisi dari penggunaan mesin ketik manual. Kini orang sudah mulai terbiasa untuk mendistribusikan informasi yang sudah final (naskah atau laporan yang sudah selesai) maupun dokumen setengah jadi yang di sharing kan kepada pihak lain guna memperoleh persetujuan, tambahan informasi atau sekedar membutuhkan koreksi dari pihak lain sebelum dokumen itu jadi. Dengan demikian untuk menunjukkan/ mendistribusikan suatu hasil kerja sudah tidak harus dengan mencetaknya dan mengirim dokumen secara fisik.

Semakin mudahnya akses internet sangat mempengaruhi kebiasaan orang untuk berkirim e-mail yang disertai dengan attachement (lampiran) berupa dokumen Word atau format lain. Bagi yang setingkat lebih canggih misalnya seorang dosen yang membagikan artikel bahan kuliahnya kepada para mahasiswa cukup menaruh dokumennya pada situs atau blog atas namanya sendiri, kemudian setiap mahasiswa atau murid yang memerlukan bisa mengunduh dari komputernya masing-masing.

Kemampuan Microsoft Word untuk membuat publikasi profesional adalah kemajuan yang sangat diapresiasi penggunanya. Sekarang kita tidak perlu lagi menggunakan program desktop publisher jika hanya sekedar untuk membuat publikasi. Membuat brosur, poster, news letter, laporan akhir tahun yang perlu menggabungkan grafik, gambar dan foto semua sudah dapat ditangani dengan satu program serba bisa ini. Bahkan Word 2010 telah dibekali kemampuan untuk meng edit image dan memproses dengan efek artistik secara mudah yang membuat hasil kerja Anda bagaikan didesain desainer grafis profesional.

Yang lebih memudahkan, kini dokumen Word Anda dengan mudah di simpan atau di print dalam bentuk file pdf. Jika pada dokumen Word Anda menggunakan font yang spesifik, jika dibuka pada komputer yang tidak memiliki font tersebut maka akan diganti dengan font default yang mengakibatkan susunan desain dokumen tersebut berantakan. Jika dokumen di simpan atau di print dalam format .pdf, maka format ini mampu menyimpan dan menampilkan keseluruhan format dokumen Anda termasuk font serta gambar yang ada didalamnya.

Dokumen yang akan di distribusikan kepada pihak lain dapat diproteksi dengan berbagai tingkat sekuriti, misalnya melindungi dari editing dan menyimpan hasil editan tersebut, melindungi dari dokumen agar tidak bisa dicopy maupun diprint. Semua sesuai dengan kebutuhan dalam memproteksi hasil kerja.

Dokumen Anda yang dibuat dengan Word dapat dibuka langsung dengan Microsoft Publisher dan dapat di format lebih lanjut sebagai dokumen publikasi. Teks dari Microsoft Word dapat dibuka langsung pada PowerPoint agar dapat di garap sebagai slide presentasi.

Akhirnya secara keseluruhan Microsoft Word 2010 adalah sebuah program yang dahsyat, berkembang searah dengan kebutuhan orang untuk berkomputer agar mampu memanfaatkannya sebagai sarana canggih untuk komunikasi dan informasi.

Surabaya, Agustus 2010

Adi Kusrianto

Prakata pada buku “Dahsyatnya Word 2010” Adi Kusrianto – PT. Elex Media Komputindo 2010

2 comments on “Dahsyatnya Microsoft Word 2010

  1. bukannya kelebihan pdf itu sudah ada di open office?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: