Tinggalkan komentar

Bagaimana menata aksara pada program-program Aplikasi

Program-program komputer masa kini yang kita pakai seperti program grafis CorelDRAW, Illustrator, InDesign maupun Photoshop, hingga aplikasi perkantoran seperti Word dan Excel, semua menyediakan dalam jumlah cukup banyak model aksara (font). Dengan tersedianya banyaknya model aksara, dianggap sebagai sarana yang memudahkan, karena semakin banyak pilihan maka semakin bisa bekerja secara variatif dan kreatif.

Benarkan demikian ?

Ketersediaan model aksara pada program aplikasi komputer

Asumsi itu benar bila pemakaiannya didukung pengetahuan yang cukup. Perlu pengetahuan yang cukup hanya untuk memilih font?  Apakah ini tidak berlebihan.

Tidak, sama sekali tidak. Bila Anda setuju statemen yang menyatakan bahwa pakaian yang Anda pakai akan menggambarkan siapa Anda, pribadi apa yang ada dibalik pakaian itu, maka tentu Anda akan mempertimbangkan bagaimana pengetahuan orang yang menyusun Aksara dengan pilihan font yang sembarangan.

Banyaknya jenis aksara yang tersedia, bagi sebagian pemakai justru menyesatkan jika tidak didukung pengetahuan yang memadai tentang bagaimana memakai dan mengombinasikan aksara. Mengandalkan selera serta rasa estetika secara pribadi bisa saja menyelamatkan tampilan grafis dari predikat “amatir”. Tetapi seberapa jauh kita bisa mempertahankan.

Tipografi, itulah ilmu yang perlu dikenal khususnya bagi Anda yang gemar menggunakan aksara pada program-program komputer misalnya seperti yang disebut diatas. Karena pada penggunaan program grafis biasanya pemakai akan memanfaatkan aksara untuk di tata letaknya, diolah dan di kombinasikan antara satu jenis aksara dengan aksara yang lain sebagai elemen grafis. Tipografi diperlukan pada bidang preofesi yang sangat luas, dimana semua bidang tersebut memerlukan penggunaan jenis-jenis dan sifat aksara secara spesifik.

Penulis tidak bermaksud menguraikan tipografi secara text book. Namun dengan banyak memberikan wawasan serta contoh-contoh bagaimana tipografi diterapkan para praktisi. Sambil membaca uraian dari berbagai arah pengenalan ilmu tentang aksara ini, pembaca disajikan dengan ratusan contoh tatanan, komposisi serta perbandingan bentuk-bentuk aksara. Tidak hanya sekedar yang dimuat dalam buku ini, tetapi pada CD bonus penulis menyertakan banyak contoh-contoh karya komposisi aksara. Dengan bertamasya ke seantero bidang profesi yang menyangkut dan memanfaatkan tipografi wawasan Anda akan bentuk dan bagaimana memadu aksara akan berkembang. Ide-ide akan muncul dan kreasi-kreasi itu akan memperkaya desain Anda.

Bonus lain berupa koleksi font-font baru beraneka ragam dari para type founder yang mengijinkan kita menggunakan font-font kreatif karya mereka untuk kita pakai secara pribadi, bukan untuk tujuan komersiil.

Setelah membaca buku ini diharapkan Anda akan lebih mengenal aksara secara fungsi maupun secara estetik, sehingga terhindar dari kekeliruan menaruh sandal diatas kepala dan menggunakan topi sebagai alas duduk. Adapun secara umum, bagaimana menata aksara pada program-program seperti CorelDRAW, Illustrator, InDesign dan Photoshop penulis berasumsi bahwa pembaca telah mengetahui, sehingga tidak perlu menjelaskan langkah-langkahnya. Namun demikian, dibeberapa topik tertentu penulis memberikan keterangan dan gambar yang menjelaskan fasilitas yang ada pada program secara spesifik.

Buku ini disertai dengan sebuah CD yang berisi beberapa materi pendukung, yang terdiri dari beberapa contoh karya grafis sebagai ide baik dalam format preview jpg maupun format aslinya yang akan dapat Anda olah sendiri melalui CorelDRAW, Illustrator dan InDesign.

Semoga kita menjadi pemakai aksara yang lebih bijaksana dan berwawasan sehingga mampu mencerminkan bahwa pembuatnya adalah orang yang berpengetahuan. Amin.

Selamat membaca dan semoga memperoleh manfaat.

“Pengantar Tipografi, untuk pemakai CorelDRAW, InDesign, Illustrator, Photoshop dll” – Adi Kusrianto – Elex Media Komputindo 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: