Tinggalkan komentar

Macam-macam Komunikasi (part 2)

5. Komunikasi Pengecap (Taste from Tongue)

Adalah komunikasi yang mempergunakan lidah sebagai sensasi mengenal rasa.

Contohnya:

  • Ketika juru masak mengecap setitik sayur yang sedang dimasak untuk mengetahui apakah sudah cukup garam maupun gula dalam masakan tersebut.
  • Beberapa restaurant di pusat perbelanjaan menugaskan karyawannya untuk mencegat pengunjung sambil menawarkan agar mau mencicipi sampel masakan supaya pengunjung tertarik untuk makan di restaurant itu.
  • Produk minuman baru mempersilahkan calon pembelinya untuk menebak, mana yang lebih enak antara merek yang biasa dikonsumsi dengan produk minuman baru itu.

6. Komunikasi Tubuh

Sejak jaman primitif manusia telah menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan suatu maksud. Dalam perkembangannya kita dapat mengelompokkan hal ini kedalam beberapa kelompok:

KINESIKA : Studi gerakan tubuh dalam komunikasi non Verbal yang merujuk pada sikap tubuh dan gerakan tubuh lainnya (untuk penderita Tuna Runggu). Gerak tubuh dan ekspresi wajah sebagai alat komunikasi

BAHASA TUBUH (Body Language) biasanya seseorang yang gelisah akan menunjukkan gerakan-gerakan tubuh yang menunjukkan gejala kegelisahannya. Demikian juga seorang perempuan yang mencoba menarik perhatian seorang pria akan menunjukkan gerakan-gerakan bahasa tubuh yang memberi isyarat bahwa ia mau didekali pria tersebut.

DISIPLIN ILMU KEPRIBADIAN banyak kita jumpai ilmu untuk meningkatkan citra kepribadian yang baik sebagai contoh: Kursus Kepribadian John Robert Power atau Personal Development dari Mekar Pribadi dsb, disitu akan mengajarkan bahwa suatu tatakrama sikap tubuh akan menunjukkan strata seseorang dalam kehidupan sosial.

OLAH TUBUH DALAM SUATU PERAN. Teknik Peran dalam Teater, Pantomim, Teknik Tarian, dll mengkomunikasikan suatu cerita maupun pesan dalam olah tubuh.

Para pemain dalam seni pentas mampu mengkomunikasikan maksud dan membawakan peran melalui gerak-gerik serta aksi.

7. Komunikasi Telepati (menggunakan Indera ke-6)

Komunikasi menggunakan kekuatan pikiran untuk mempengaruhi pikiran atau sugesti seseorang. Bila sebelumnya telpati, hipnotis, hipnoterapi hanya bisa diterapkan dari seseorang ke seseorang lain, maka yang sedang dikembangkan adalah pesan telepati maupun hipnotik dari seseorang ke banyak orang.

Profesi paranormal /cenayang (Orang yang dapat berkomunikasi dengan dunia roh dari dimensi kehidupan lain), dengan Kekuatan pikiran (Mind Game), seperti yang sering kita lihat di televisi dengan tokohnya Deddy Corbuzier, Ki Joko Bodo dst. Semua itu merupakan fenomena cara berkomunikasi yang dapat dilakukan manusia di jaman kita ini.

8. Komunikasi perilaku

Perilaku atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang merupakan suatu informasi penting mengenai orang itu. Jam berapa ia biasa meninggalkan rumah pada hari kerja, jam berapa pulang, apa makanan kesukaannya, bagaimana model pakaiannya, bagaimana kebiasaan-kebiasaan lainnya yang menonjol. Dalam banyak cerita sang detektip menemukan pelaku kejahatan karena menemukan puntung rokok yang biasa dihisap sang penjahat di tempat kejadian perkara. Model pakaian yang sedang ngetrend di masyarakat merujuk pada seorang publik figur yang mempunyai kebiasaan memakai model pakaian seperti itu. Oleh karenanya pernah kita ingat istilah batik Harmoko, jambul atau poni mbak Tutut, kerudung Ineke Kusherawati, kuncir rambut Dian Sastro dan banyak lagi.

Iklan Oli kendaraan bermotor mengklaim suatu merek sebagai oli yang paling banyak dipakai selebritis, dengan demikian agar menimbulkan rasa kebanggaan bagi konsumennya agar yang belum memakai ikut-ikutan memakai supaya sama seperti tokoh selebritis pada iklan tersebut. Ingat jargon yang menyebut “orang pintar pake …..”.  Iklan tersebut mempengaruhi image yang sebelumnya beranggapan bahwa produk tersebut hanya untuk kalangan bawah dan bukan untuk kaum intelek. Oleh karenanya pakailah produk ini supaya digolongkan sebagai orang pintar. Semua itu merujuk pada kebiasaan seseorang atau suatu kalangan tertentu yang dapat dijadikan ciri atau informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: