Tinggalkan komentar

MENGENAL PHOTOMONTAGE

Photomontage adalah adalah seni fotografi yang dihasilkan dengan memotong dan menempel beberapa foto lain sehingga menjadi sebuah composit photograph berupa karya foto yang sama sekali baru. Terkadang untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hasil “penempelan” tersebut dipotret kembali sehingga menjadi karya foto yang sempurna.

Pada era digital, dengan Photoshop seorang seniman foto menjadi lebih mudah untuk berkreasi membuat photomontage. Agar memperoleh wawasan serta dasar pengetahuan yang luas mengenai salah satu bagian dari seni fotografi maka pada bab ini penulis menyajikan beberapa catatan sejarah, berbagai teknik serta gaya dari seniman Photomontage terdahulu hingga era kita saat ini.

Sejarah PhotoMontage

Teknik ini dimulai ketika fotograper Inggris Oscar Rejlander yang dikenal sebagai orang yang pertama kalinya menciptakan photomontage. Karya pertamanya yang dikenal sebagai sebuah karya Photomontage adalah “The Two Ways of Life” (1857).

Kemudian diikuti oleh fotograper Henry Peach Robinson dengan karyanya “Fading Away” (1858). Foto yang kami muat berikut ini menggambarkan saat-saat suasana perawatan seorang gadis yang menderita TBC menjelang kematiannya.

Gbr. 1- 2 : Sebuah karya fine art photomontage yang begitu sempurna. Karya fotographer Henri Peach Robinson pada tahun 1858 yang merupakan penggabungan lima buah elemen foto negatif. Tanpa melihat foto-foto aslinya akan sulit bagi kita menemukan bagian mana foto tersebut di rekayasa.

Karya-karya tersebut kemudian di set sebagai pemicu seniman-seniman lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Postcard yang berisi karya-karya fantasi dalam bentuk photomontage pernah populer di Eropa pada dasawarsa 1850an. Saat itu sebutannya bukan postcard melainkan carte de visite yang artinya kurang lebih “kartu kunjungan” atau foto-foto dari tokoh atau selebriti (kalau jaman sekarang) yang sedang berkunjung ke suatu kota/ negara.

Salah satu kejadian yang sering dipakai sebagai contoh adalah ketika Kaisar Perancils Napoleon Bonaparte III yang berkunjung ke Italia. Dia bersama pasukannya diminta untuk berhenti sejenak untuk diabadikan oleh fotograper Andre Disdéri. Tentu saja foto yang kemudian di sebarluaskan bukanlah sekedar foto asli melainkan setelah di rekayasa dengan teknik Photomontage dan dicetak sebagai poste de visite

Selengkapnya, bacalah:

“Photoshop Photo Montage” – Adi Kusrianto – Elex Media Komputindo 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: