Tinggalkan komentar

Aplikasi EXCEL untuk bidang Pendidikan (1)

MENYUSUN SOAL MATEMATIKA
Dalam mengajarkan matematika salah satu pekerjaan guru adalah menyiapkan soal-soal untuk dikerjakan siswa. Ini pekerjaan mudah dan setiap guru akan mengatakan demikian. Tetapi bila ini dilakukan secara rutin, pasti akan membosankan. Tidak urung soal matematika yang disajikan kepada siswa akan berulang dari itu ke itu, akhirnya siswa akan menghapal jawabannya, bukan mencari penyelesaian yang sebenarnya. Dengan memanfaatkan kemampuan Excel, kita akan bisa menyusun berbagai soal penjumlahan pengurangan dan perkalian dan pembagian.
Pada bab ini kita akan mencoba menyusun soal-soal aritmatika dari kelas kecil hingga kelas-kelas tingkat setelahnya.
Menyusun 200 Buah Soal Penjumlahan Dengan Hasil Maksimum 10
Permasalahan:
Kita akan menyusun 200 soal aritmatik penjumlahan dua angka yang hasil penjumlahannya maksimum 10. Setiap tahun soal ini harus diganti dengan komposisi bilangan yang lain.
Jalan keluarnya:
Dengan bantuan fungsi Excel =RANDBETWEEN kita bisa menyusun bilangan acak dengan batasan yang kita inginkan dalam jumlah kemungkinan yang sangat besar.
Fungsi =RANDBETWEEN gunanya untuk membuat bilangan acak dengan batasan nilai terkecil dan nilai terbesar yang kita inginkan. Fungsi ini termasuk kelompok Analisys Toolpak, yaitu fungsi-fungsi tambahan diluar fungsi standar Excel. Pada Excel 2007 dan 2010 kita bisa menggunakan secara langsung, Pada Excel 2003 ke belakang kita harus mengaktifkan terlebih dulu.
Langkah penyusunannya:
Mengaktifkan Analisys ToolPak
Ini khusus untuk pemakai Excel 2003 ke belakang dimana ada kemungkinan fitur Analisys Toolpak belum diaktifkan saat akan kita pakai.
1. Bukalah Excel 2003 atau yang lebih lama.
2. Dari menu Tools pilih Add-Ins.
3. Pada kotak dialog Add-Ins klik Analisys ToolPak.
4. Setelah langkah diatas fungsi RANDBETWEEN siap digunakan.

Menyusun Soal Penjumlahan
1. Bukalah sebuah Sheet baru, lalu klik B2 untuk mulai mengetikkan soal.
2. Ketikkan =RANDBETWEEN(1,8), tekan Enter.
3. Hasilnya pada sel B2 akan muncul sebarang nilai antara 1 hingga 8.
4. Klik B3 dan ketikkan =RANDBETWEEN(1,9-B2). Maksud rumus ini adalah membuat bilangan acak antara 1 hingga bilangan 9 dikurangi data pada B2. Dengan demikian hasil penjumlahan nilai sel B2 dan B3 tidak akan melebihi 9

5. Pada sel B3 klik ikon Bottom Border dan pada sel A3 ketikkan karakter + untuk memberi tanda penjumlahan.
6. Pada sel B4 ketikkan rumus =B2+B3.

Catatan:
Hasil rumus dengan fungsi =RANDBETWEEN akan senantiasa berubah secara acak setiap kali kita mengetikkan fungsi pada sel lain. Selain itu kita juga dapat me-rekalkulasi rumus tersebut dengan menekan tombol fungsi F9. Jadi jangan panik jika mendapati hasil pada sel B2 dan B3 berubah-ubah. Misalnya tampilan awal sel B2 =8 dan sel B3=1 (seperti contoh diatas), ketika kita membuat rumus pada B4 kedua sel diatasnya berubah. Untuk mengembalikan pada posisi yang sama tekanlah F9 beberapa kali hingga akan menampilkan kembali nilai 8 dan 1. Tetapi akan tidak mudah jika bilangan acak yang kita buat antara 100 hingga 1000 misalnya.
7. Jika soal akan dicetak, kita perlu memperbesar teks, bloklah A2:B4, kemudian klik tombol Increase Font Size hingga ukuran font menjadi 16 point (atau sesuaikan dengan kebutuhan).
8. Copykan A2:B4 ke C2:J4 seperti terlihat pada gambar sehingga hasilnya kini kita memiliki 5 soal sekaligus.
9. Untuk menyembunyikan hasil penjumlahan pilihlah A4:J4 lalu ubahlah warna font menjadi putih.

10. Ubahlah lebar kolom A hingga J menjadi 7.57 dengan menggunakan perintah Format, Column Width. Langkah ini dimaksudkan agar soal yang kita buat dapat tercetak selebar kertas ukuran A4.

11. Untuk memperoleh 200 buah soal, kita tinggal mencopykan soal diatas 40 kali kebawah. Kita akan lakukan dengan trik yang paling mudah dan cepat. Bloklah sel A1:J4, lalu pada fill handler yang ada di pojok kiri bawah blok (lihat gambar) seretlah kebawah hingga J40, baru lepaskan tombol mouse.

(gambar akan bisa anda lihat pada bukunya)

12. Setelah tombol mouse dilepas akan muncul hasil copy dari soal yang kita buat tadi.

13. Hingga baris 40 berarti kita memperoleh 50 buah soal. Jadi jika kita ingin membuat 200 buah soal kita harus menyeret hingga baris 160.
14. Kita bisa menggandakan ke 200 soal ini dengan mudah dengan mencopy Sheet ini dengan cara yang telah kita pelajari didepan. Hasil copy tersebut akan berubah secara acak sehingga tidak akan sama dengan sheet asalnya.
Membuat Bilangan Pada Soal agar Menjadi Tetap
Sebagaimana yang diuraikan didepan bahwa selama isi sel masih dalam bentuk rumus menggunakan fungsi =RANDBETWEEN, maka nilainya akan berubah-ubah secara random (acak) sebagaimana nama fungsi itu.
Jika kita ingin nilainya dijadikan nilai tetap, maka kita harus mengubah isi sel tersebut menjadi nilai (value) bukan berupa rumus. Langkahnya copylah sel yang berisi fungsi RANDBETWEEN, kemudian saat mem paste klik tombol segi tiga kecil dibawah tombol Paste, lalu pilih Value.

Dengan langkah ini isi sel bukan lagi berbentuk rumus, melainkan nilai fixed.

(Adi Kusrianto)
Penulis buku APLIKASI EXCEL untuk bidang Pendidikan (Elex Media Komputindo – April 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: