5 Komentar

Microsoft Excel, Riwayatmu dulu hingga Kini

1.  Sejarah Penemuan Spreadsheet

Program lembar kerja kalkulasi atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob Frankston. Awalnya mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc pada akhir tahun 70-an ketika penggunaan komputer mulai merambah lingkungan perkantoran. Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah komputer Apple II.

Ketika Personal Computer keluaran IBM muncul pada tahun 1982, saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat beroperasi di sistem baru ini. Mich Kapoor dan Jonathan Sachs di Cambridge, Massachusetts Amerika Serikat telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus Development Corporations, produk yang mereka beri nama 1-2-3. Program inilah yang kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian Lotus 1-2-3 dijadikan standard program lembar kerja kalkulasi. Pengguna komputer IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi 1. (Bandingkan Microsoft Office 2010 yang berisi bundle 5 buah program untuk single user dijual dengan harga resmi sekitar $ 199 saja pada saat ini).  Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang spreadsheet di antaranya adalah MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft. Hingga saat itu program-program tersebut masih dalam tampilan teks atau character based (bukan WYSIWYG seperti sekarang).

2.  Excel dari Awal hingga Kini

Sebagai pengembangan dari MultiPan, pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel versi 1 dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layar monitor akan sesuai dengan apa yang dihasilkan jika dicetak. Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah komputer McIntosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.

Versi perbaikan ini muncul tahun 1987. Sebenarnya program ini dipersiapkan untuk dapat beroperasi di luar komputer McIntosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis. Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows. Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows versi 2.

Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows. Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti, seperti mulai digunakannya toolbar, kemampuan membuat gambar (drawing tool), worksheet outlining, dukungan program add-in, grafik 3-D, workgroup editing dan sebagainya.

Excel 4 mulai merambah pasaran pada musin semi tahun 1992. Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi Widows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru. Versi inilah yang disebut sebagai first populer version.

Excel Versi 5 mulai diedarkan di awal 1994. Versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook (sebuah workbook yang mampu berisi lebih dari 1 lembar kerja). Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA. Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list (daftar), dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.

Excel 95 atau Excel versi 7 [1] beredar pada musim panas tahun 1995. Ini adalah versi pertama dari Excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi Windows 95. Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai, tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dari Excel 5.

Excel 97 atau Excel 8 menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developers. Tampilan toolbar dan menu diperbarui, fasilitas online help, jumlah baris dalam lembar kerja jumlahnya bertambah 4 kali lipat. Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda (tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya). Dilengkapi dengan Conditional Formatting, Data Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.

Excel 2000 atau Excel 9 dirilis  bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru. Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML, kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan obyek hingga 12 buah di dalam clipboard, sehingga ada istilah multiple paste untuk meletakkan lebih dari satu obyek dari clipboard. Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.

Excel 2002 atau Excel 10, dirilis 31 Mei 2001, dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya. Tampilan grafis yang baru, file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika ternyata terjadi masalah (hang), fasilitas error-checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel. Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu menginformasikan apa maksud argumen yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.

Excel 2003 atau Excel 11, adalah versi yang paling stabil hingga saat itu. Fitur yang paling menarik adalah pengembangan kemampuan pada pengelolaan tabel dengan List Range yang bekerja secara otomatis saat kita akan memberikan perintah yang berkaitan dengan tabel data.

Excel 2007 atau Excel 12 adalah sebuah revolusi pada program-program Microsoft Office. Excel kali ini tampil dengan antarmuka yang nyaris sama sekali baru. Menu bar dan toolbar digantikan dengan Ribbon. Kemampuan program ini meningkat beberapa kali lipat dengan semakin besar dan luasnya  jumlah data yang dapat ditangani dalam sebuah worksheet. Banyak fitur baru dan memiliki format file baru .xlx yang hanya bisa dibuka melalui Excel 2007 atau yang lebih baru. Kemampuan pada conditional formatting yang baru dan semakin bagus, fungsi worksheet baru dan masih banyak lagi.

Excel 2010 atau Excel versi 14. Nah, rupanya Microsoft termasuk yang percaya bahwa angka 13 adalah angka sial. Ini adalah versi yang dijadikan hadiah dalam memasuki dasawarsa baru. Antar muka Excel 2010 disempurnakan dengan munculnya Tab File sebagai Backstage View untuk memberikan fasilitas penggunaan teknologi informasi secara lebih mudah. Versi ini disertai dengan perbaikan fungsi-fungsi Excel secara besar-besaran. Secara umum ini adalah Excel yang lebih bagus dibanding versi sebelumnya.

3. Excel 2013

Saat posting ini dibuat Excel 2013 baru muncul dalam bentuk Preview, ini istilah mutakhir untuk menggantikan istilah “beta” yang terkesan masih coba-coba. Excel 2013 Preview dibagikan secara gratis kepada pemakai Excel, dengan harapan setelah mencoba beberapa bulan versi terbaru ini pemakai akan ketagihan, dan saat versi finalnya telah resmi diedarkan para pemakai ini akan suka membelinya. Tentu saja, setelah versi aslinya diedarkan, maka seluruh versi Preview ini akan tidak bisa lagi digunakan.

Salah satu kelebihan Excel 2013 ini adalah disiapkan untuk Windows 8, ini berarti memiliki antar muka yang lebih simpel, ringan dan dapat dengan mudah digunakan pada tablet. Fitur baru? Belum keseluruhan nampak pada versi Preview ini. Demikian juga fungsi-fungsi baru belum di perlihatkan.


[1] Excel tidak pernah mempublikasikan Excel 6, karena versi ini sebenarnya adalah versi 32 bit dari Excel 5 yang tidak didistribusikan secara meluas.

5 comments on “Microsoft Excel, Riwayatmu dulu hingga Kini

  1. Bang punya gak contoh database dengan menggunakan microsoft excel

  2. Bang boleh tau ini sumbernya dari mana terimakasih.🙂

    • 1. Trik dan Teknik Menggunakan Microsoft Excel, Dhani Yudhiantoro, Penerbit Andi, 2001
      2. Menjadi Pakar Excel, Rizky Dhanta, Penerbit Indah, 2007
      Yang referensi buku asing lupa, karena sudah lama sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: