4 Komentar

Surabaya, Enaknya kemana ?

Pada hari Senin 18 April 2011 telah di langsungkan peluncuran buku SEK (Surabaya, Enaknya Ke mana?), sebuah buku yang berisi panduan wisata ke kota Surabaya. Ini adalah buku saya yang ke 91 (yang ke 90 History of Art yang beredar selang 33 hari sebelumnya), dan buku ke 5 dari Pak Yusak Anshori. Acara peluncuran ini di hadiri Mantan Wakil Walikota Surabaya Arif Affandi, GM Galaxy Mall Niel V. Storey, DR. dr. Slamet Riyadi Yuwono, Ketua Perhimpunan Ruham Sakit Indonesia Jatim,  Ateng Aryono Vice President Area Blue Bird, Guntur S. Tampubolon GM Hotel Bumi Surabaya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya dan masih banyak lagi.

Sebagaimana saya katakan saat acara peluncuran, buku ini saya tulis bersama Pak Yusak sebagai “penebus dosa” karena sebelumnya jika ada orang bertanya dimana obyek wisata di Surabaya, selalu saya jawab tidak ada. Di Surabaya tidak ada obyek wisatanya, itu pemahaman sebagian besar khalayak Surabaya. Ternyata pendapat itu salah besar.

Hanya banyak orang tidak paham akan apa yang menarik  di Surabaya dimata orang yang datang ke Surabaya.

Untuk memberikan gambaran tentang berbagai potensi wisata di Surabaya, saya bersama Pak Yusak mengumpulkan berbagai macam informasi tentang Surabaya. Mulai dari Obyek Wisata Kota, Heritage Building, Museum-museum, monumen, pusat pertokoan, tempat-tempat perkulakan, tempat hiburan malam baik untuk keluarga maupun untuk insan dewasa, hingga wisata berthema seperti water park, wisata ekologi hutan Mangrove, mengunjungi sanggar batik khas Surabaya hingga ke kuliner Surabaya.

Memang buku setebal 317 halaman ini belum mampu memuat segala hal yang ada di Surabaya. Masih banyak kuliner, tempat makan atau tempat nongkrong asyik yang belum termuat. Namun untuk meralat pikiran sebagian banyak warga kota, bahwa Surabaya tidak memiliki obyek wisata itu salah besar. Buktinya buku Jalan-Jalan Surabaya Enaknya Ke mana? ini padat dengan informasi mana saja tempat-tempat yang asyik dikunjungi saat di Surabaya.

var _gaq = _gaq || [];
_gaq.push(['_setAccount', 'UA-24727754-1']);
_gaq.push(['_trackPageview']);

(function() {
var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true;
ga.src = ('https:' == document.location.protocol ? 'https://ssl' : 'http://www') + '.google-analytics.com/ga.js';
var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s);
})();

4 comments on “Surabaya, Enaknya kemana ?

  1. Saya membeli buku ini tidak sengaja, awalnya ingin saya berikan kpd teman dari USA yg akan datang ke Surabaya, karena saya pikir dia sudah bisa sedikit berbahasa Indonesia. Isinya sangat bagus, lengkap lah pokoknya. Saya berharap buku ini ada edisi bahasa Inggris nya, agar saya bisa berikan sbg cinderamata kpd teman2 saya dari luar negeri, atau ketika saya sedang travelling ke LN. Tentu akan lebih dapat dimengerti oleh mereka yang bukan orang Indonesia.

Tinggalkan Balasan

