4 Komentar

Macam-macam Komunikasi (part 3)

9. Komunikasi dengan menggunakan Teknologi

Dengan Teknologi yang terus berkembang, telah membantu kita dalam berkomunikasi jarak jauh menggunakan suatu Teknologi.

  • Morse atau Telegram secara Auditory,
  • Radio – Telepon – Telepon Celular secara Voice,
  • Fax – Telex – Pager – Telepon Celular secara Tulisan, SMS – MMS.
  • Televisi secara Audio Visual,
  • Tele-Immersion atau Tele Converence (Meeting jarak jauh)
  • Bahasa Pemrograman, seperti Basic Visual Basic, Cobol, Java Script, HTML, dst. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis dalam bentuk script seseorang dapat menyusun sebuah software alias program komputer untuk melakukan sesuatu.

10. Komunikasi Visual (Visual Communication)

Mempergunakan Mata sebagai sensasi Penglihatan. Komunikasi visual ialah: komunikasi yang menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual (yang menjadi kekuatan utama dalam menyampaikan pesan) adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat dipakai untuk menyampaikan arti, makna, atau pesan. 

Metodologi dalam desain komunikasi visual adalah merupakan sebuah proses kreatif

Berikut ini istilah-istilah yang berhubungan dengan Visual :

Visual Language. Ilmu yang mempelajari bahasa Visual.

Visualisasi. Kegiatan menerjemahkan atau mewujudkan informasi dalam bentuk Visual

Visualiser  Orang yang pekerjaannya menangani masalah Visual atau mewujudkan suatu ide kedalam bentuk visual pada suatu  proyek desain.

Visual Effect  Membuat efek-efek tipuan seolah-olah terjadi suatu keadaan atau kejadian yang sulit dilakukan manusia. Misalnya munculnya seekor dinosaurus atau monster lain yang besarnya luar biasa. Efek seolah-olah manusia yang sedang mendarat di sebuah planet asing dan sebagainya. 

Visual Information Informasi melalui penglihatan misalnya lambaian tangan, senyuman, baju baru, mobil baru, dll.

Visual Litteracy  Kumpulan atau daftar karya visual.

11. Pesan Multi Indera

Pesan yang memanfaatkan lebih dari satu indera. Akhir-akhir ini penyampaian pesan melalui visual saja hampir dikatakan kuno. Sesuatu yang lebih baru dan memiliki nilai tinggi adalah menjual atau memberikan suasana.  Nasi goreng yang dijual di warung tenda rasanya lebih enak, tetapi yang dijual di restauran bergengsi walaupun tidak seenak itu dijual lebih mahal. Hal ini karena yang di hargai bukan saja rasa nasi gorengnya, tetapi suasananya.

Suasana yang dimaksud disini menyangkut multi indera. Ia bisa berupa unsur visual berupa dekorasi, tata ruang, penampilan pramusaji dll, unsur tactual berupa kesejukan AC atau suasana angin di pinggir pantai, unsur Olfactoral berupa aroma bunga-bungaan atau aroma parfum AC yang dipakai hingga ke unsur auditory berupa suara musik yang terdengar secara spesifik menyiratkan suatu selera tertentu. Kebiasaan para pengunjung disekiranya, yang terdiri dari kalangan tertentu dengan tampilannya, pakaiannya seolah membawa seseorang berada pada suatu suasana yang nyaman. Dan ini merupakan harga yang harus dibayar.

Selengkapnya bacalah buku “Pengantar Desain Komunikasi Visual” – Adi Kusrianto – Penerbit Andi

4 comments on “Macam-macam Komunikasi (part 3)

  1. gimana cara beli buku ini ya mas?

  2. gimana cara beli buku ini mas,, krn d gramedia sini pada abis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: